Senin, 05 Mei 2014

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA : MEDIA PROYEKSI


Media proyeksi diartikan sebagai media dimana gambar diperbesar dan ditayangkan pada sebuah layar. Alat untuk memproyeksi gambar dinamakan proyektor. Dengan menggunakan proyektor, informasi yang akan disampaikan dapat diproyeksikan ke layar, sehingga informasi berupa: tulisan, gambar, bagan, dll akan menjadi lebih besar dan lebih jelas dilihat oleh siswa. Penggunaan media proyeksi ini lebih menguntungkan, sebab indera pendengaran dan penglihatan akan sama-sama diaktifkan pada saat pembelajaran. Media proyeksi ini bisa berbentuk media proyeksi diam, misalnya gambar diam (still pictures) dan media proyeksi gerak, misalnya gambar bergerak (motion pictures).
Media proyeksi diam adalah media visual yang memproyeksikan pesan melalui sebuah alat yang mampu memproyeksikan berbagai pesan dalam bentuk tulisan, gambar, angka, atau bahkan grafis yang dapat digunakan saat pembelajaran. Jenis-jenis media proyeksi diam yaitu :
  1. OHT adalah media visual yang diproyeksikan melalui alat proyeksi yang disebut OHP. OHP ini merupakan varian dari proyektor slide yang digunakan untuk menampilkan gambar atau teks kepada audiens.
  2. Opaque Projector merupakan alat yang menampilkan berbagai bahan opaque (bahan yang tidak tembus pandang) dengan pancaran lampu yang terang terhadap objek dari arah atas.
  3. Slide merupakan gambar transparan yang diproyeksikan oleh cahaya melalui proyektor. Film slide biasa dibuat dengan ukuran 35 mm. Slide memiliki dua bentuk, yaitu pertama, bentuk tradisional yang lepas satu persatu, dan kedua, dibungkus dalam tempat khusus lalu dimasukkan ke dalam proyektor dan secara otomatis berputar seperti film biasa.
  4. Filmstrip adalah media visual proyeksi diam, yang pada dasarnya hampir sama denga media slide. Hanya saja media ini terdiri atas beberapa film yang merupakan satu kesatuan, dimana ujung satunya dengan ujung lainnya bersatu membentuk rangkaian.
Media proyeksi gerak adalah media visual yang memproyeksikan pesan melalui sebuah alat yang mampu memproyeksikan berbagai pesan dalam bentuk video, film, dll yang dapat digunakan saat pembelajaran. Jenis-jenis media proyeksi gerak yaitu :
  1. Film gerak merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat menarik karena mampu mengungkapkan keindahan dan fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan. Film tentang pembelajaran sudah banyak misalnya national geographic, film kartun kimia yang bisa diakses di internet.
  2. Film gelang adalah jenis media yang terdiri atas film berukuran 8 mm dan 16 mm yang ujung-ujungnya saling bersambungan sehingga film ini akan berulang terus menerus jika tidak dimatikan.
  3. Televisi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerak. Di Indonesia sendiri ada TVE yang merupakan salah satu chanel TV edukasi yang disediakan oleh kemendikbud.
  4. Media video dapat menyajikan pesan dalam berupa fakta maupun fiktif, dapat bersifat informatif, edukatif maupun instruksional. video pembelajaran kimia bisa didapatkan melalui youtube atau DVD pembelajaran.
Ada suatu media proyeksi yang bisa dijadikan media proyeksi diam maupun media proyeksi gerak yaitu, Multimedia proyektor . Multimedia projector adalah sebuah alat proyeksi yang mampu menampilkan unsure-unsur media seperti gambar, teks, video, animasi, baik secara terpisah maupun gabungan diantara unsure-unsur media tersebut dapat dikoneksikan dengan perangkat elektronika lainnya seperti computer. LCD proyektor merupakan contoh dari multimedia proyektor.
Media proyeksi dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk dijadikan media pembelajaran kimia, dikarenakan hampir semua materi kimia yang abstrak dapat diperjelas melalui tulisan, angka, grafis, video, film, dll yang dapat ditampilkan dengan media proyeksi. Akan tetapi pemilihan media ini harus diperhitungkan karena penggunaannya membutuhkan keterampilan khusus selain itu mahal.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA COMMENT YA...